Tuesday, February 26, 2013

Visa Ukraine



Apply visa untuk masuk Ukraine ternyata juga tidak mudah, walaupun ada kantor perwakilannya di Jakarta.

Agak beda dengan syarat pengajuan visa kenegara negara lain , kedutaan Ukraine mewajibkan terbitnya surat undangan dari biro pariwisata yang dilegalisir departemen pariwisata Ukraine. Nah …. Ruwet juga, mana waktunya sudah agak agak mepet dengan tanggal keberangkatan.

Terpaksa saya harus booking tour untuk mendapatkan undangan dari travel agent yang berlisensi, terdaftar dan diakui Pemerintah Ukraine.

Korespondensi sama si agent sih berbahasa Inggris, tapi surat yang saya minta dikirim dalam bentuk huruf cyrill..entah apa artinya.
 



Berbekal surat itu saya menghadap ke kedutaan Ukraine. Kantornya kecil, staffnya cuma 2 orang, satu orang indo, satunya Ukraine cowo yang ganteng luar biasa. Si ganteng ini yang melayani saya, diperiksanya berkas2 yang saya bawa, dan saya tunjukkan surat undangannya. Betul semua sudah lengkap, alias lolos dapat visa. 

Masalahnya tidak selesai sampai disitu. Setelah dibuatkan visa di passport dan sah, masih ada satu surat yang diterbitkan di Ukraine, harus dalam bentuk asli pada waktu ditunjukkan di Immigrasi check point nanti.

Berarti harus tunggu dokumen itu dikirim dari Ukraine sampai Jakarta katanya sekitar 2 minggu. Waduuuh….padahal tanggal keberangkatan saya tinggal seminggu dari waktu itu, walaupun masuk Ukraine masih 20 hari kemudian. Pokoknya tanpa dokumen asli itu tidak akan diijinkan masuk Ukraine kata si ganteng. Lalu saya minta dokumen asli itu dikirim ke Amsterdam, ke alamat family yang tinggal disana, karena base point saya Amsterdam.

Untung diperbolehkan. Kirim surat dari Ukraine ke Amsterdam harusnya lebih cepat daripada kirim ke Jakarta.

Route saya ke Amsterdam, lalu keliling Spanyol, Portugal dan Morocco, total 2 minggu, balik lagi Amsterdam untuk route timur pakai Eurail, mampir mampir beberapa Negara baru masuk Ukraine.

Ternyata sampai saya tiba di Amsterdam suratnya belum sampai. Jadi selama saya keliling Spanyol, sambil berdebar tiap hari saya cek via email apakah dokumen saya sudah sampai ke Amsterdam. Ketika saya ada di Portugal, dapat kabar bahwa dokumen dari Ukraine sudah sampai…Thanks God..

2 comments:

  1. Hi Fe, Salam kenal, my name is Budi. Fe pake blogspot Australia? I'm an Indonesian passport holder but i have Australian PR. I'm also interested in going to Ukraine in 2014. I saw your invitation letter from the agent in Ukraine. Do I really need this invitation letter? Which agent should I use in Ukraine?

    ReplyDelete
  2. Hi Budi, senang berkenalan dengan anda. Bukan, ini blogspot Indo, sekarang saya lebih aktif di fesworld.wordpress.com .Saya apply visa Ukraine dari Jkt, begitulah syarat dari konsulat Ukraine di Indo, harus pakai invitation letter dari travel agent yang terdaftar resmi di dinas parawisatan Ukraine, sama spt apply visa Rusia, Belarus dan beberapa bekas pecahan Rusia. Konsulat tidak merekomendasikan agent tertentu, kalau mau pakai agent saya (kalau masih beroperasi) , atau agent lain asal kita minta dulu surat ijin terdaftar mereka. Mungkin kalau apply dari konsulat di Aussie belum tentu sama permintaannya, harus cek dulu. Seperti misalnya saya apply visa Bolivia/Guatemala/Honduras/El Salvador bukan dari Indo, syaratnya jauh lebih sederhana.Di WP saya ada beberapa tulisan lainnya tentang Ukraine. Selamat jalan jalan. .

    ReplyDelete