Wednesday, February 27, 2013

Salar de Uyuni.. Bolivia part 2

Besoknya pagi2 setelah breakfast kita berangkat utk lihat mummy di goa2 dilereng  menuju Tunupa Volcano. Hanya setengah jalan saja naik mobil, sisanya jalan kaki mendaki ke puncak volcano.

Capenya ga seberapa pendakiannya juga landai, tapi karena lapisan oksigen tipis, napas jadi pendek2 dan cepat haus.. akhirnya saya turun balik ke parkiran mobil, sambil menunggu mereka turun gunung, saya foto2 llama dan tanam2an yg disekitar sana.

Kira2 jam 1 mereka sampai ke parkir mobil, lalu kita balik ke Hostal untuk lunch. Main2 dulu sama Nina, anak gadis kecil sipengelola hostal.. gelak ketawanya lucu sekali, juga ada doggy besar yang baik.
Lunchnya ayam barbeque...nikmaaaaat..lapar2 dingin2, juga dapat jeruk dan lolly pop.
Setelah itu kita packing ..barang2 ditata di kap mobil, dan dibungkus terpal.. Bye salar, bye flamingo, bye Nina...bye llama...

Kita bermobil diatas salar kira2 2 jam, tiba di Incahuasi (Fish Island), berupa bukit kecil yg dipenuhi dengan cactus raksasa, ada yg sudah berumur 900 thn.
Kira2 30 menit diperlukan utk jalan kaki keliling pulau kecil, manjat dan turun lagi. Tiketnya 30 Bolivianos seorang.

Setelah itu grup kita berpisah. Pam & Ludivine pindah mobil utk sambung perjalanan ke Isla. Daphne balik ke Uyuni utk lanjut ke Sucre.  Jose, Inake dan saya balik ke Uyuni utk naik bus ke La Paz.
Sampai di Uyuni disambut dgn arak2an fiesta, sampai sunset. Lalu sy sempat foto2 penari penari dan pemusik yg parade di main street.

Setelah selesai kok lapar lagi..jadi aja beli salad dan cocca tea diwarung mexican food disamping kantor tour operator.
Lumayan habis 40 bolivianos. Setelah itu balik ke kantor operator, dan jam 7.30 pm jalan kepangkalan bus Todo Turismo, 2 blok dr kantor Blue Line, dibelakang gereja.
Jam 8.00 bus berangkat ke La Paz, tapi ga lihat Jose ato Inake..entah kemana tu orang , kt nya mrk hrs balik ke Lapaz malam ini.
Todo ke Lapaz tidak terlalu penuh, saya duduk sendirian. Jadi bisa tiduran. Dapat selimut, dapat spaghetti, dapat aqua dan..tau gitu tadi ga usah beli salad hehe..
Bus ini jalannya lebih gila dari yg kemarin, sampe goncang2 hampir ga bisa tidur, mana supirnya suka2 rem mendadak...sempat saya tergelincir merosot dari tempat duduk ke lantai bus. Sepatu yg saya lepas berpindah kekolong bangku paling depan.
Pagi2 jam 6.30 bus sudah sampai di La Paz lagi, dijemput orang dari Turisbus. Lalu balik ke hotel Rosario untuk ambil duffel yg titip disana. Pengalaman 2 malam tidur di bus, semalam tidur di hotel garam, total 3 hari tanpa mandi..