Friday, March 6, 2009

Tollway di Israel


Menikmati tollway di Israel terutama disekitar Tel Aviv, sangat menyenangkan.
Jalannya mulus dan lebar2. Tetapi macet juga ada didekat daerah masuk kedalam kota.
Saya bertanya kepada pengemudi taxi yang saya tumpangi dari Jerusalem ke Tel Aviv, ketika menemui keadaan macet menjelang masuk ke Tel Aviv, mengapa tidak lewat jalan tol? Lalu dia berkata bahwa dari tadi yang kita lalui adalah jalan tol. Anehnya, tidak satupun gardu tol yang saya lihat saat kami lewat tadi.
Kemudian dia menjelaskan bahwa ditiap2 mulut jalan tol terdapat kamera diatas jalan raya, yang merekam semua nomor plat kendaraan yang lewat. Sempat ditunjukkan kepada saya , kamera itu berbentuk kotak logam, digantung diatas jalan raya dengan seutas kawat baja yang melintang dari kiri kekanan ditunjang oleh tiang. Disetiap persimpangan jalan tol pasti ada kamera seperti itu.
Biaya tol dibebankan pada masing2 nomor plat mobil pada tiap bulan,dan ditagih ke alamat yang tercatat sebagai pemilik kendaraan, berdasarkan jumlah pemakaian yang dicatat oleh kamera.
Jadi tidak perlu ada gardu tol, tidak perlu menyiapkan uang, tidak perlu ada ticket yang akhirnya jadi sampah disekitar gerbang tol,dan tidak perlu ada antrian kendaraan pada perpindahan dari jalan umum ke jalan tol. Praktis, serba lancar dan nyaman. Saya tidak tahu apakah seluruh jalan tol di Israel menggunakan kamera pencatat .

No comments:

Post a Comment